Rabu, 03 April 2013

Pentingnya Ilmu Komputer Bagi Mahasiswa Ekonomi



Globalisasi teknologi informasi dan komunikasi mengakibatkan perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satu perubahan yang paling cepat dirasakan adalah perubahan di bidang ekonomi dan perbankan yang dituntut serba cepat dan keakuratan tingkat tinggi dalam penghitungan, agar semua kegiatan dapat dilakukan dengan efisisen salah satunya adalah bertransaksi, untuk itu pemanfaatan komputer lah yang sangat tepat untuk mengefisienkan semuanya. Maka dari itu bagi mahasiswa ekonomi sangat perlu mendapatkan pengajaran tentang teknologi informasi. Agar bisa mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini.
Bagi para mahasiswa ekonomi khususnya jurusan akuntansi teknologi dibutuhkan untuk melakukan kegiatan perhitungan. Komputer dalam kegiatan akuntansi sebenarnya sudah sejak lama berperan besar. Dengan perkembangan yang ada, komputer berkembang tidak hanya dapat melakukan proses – proses perhitungan sederhana, tetapi lebih jauh komputer sudah dapat melakukan kalkulasi yang rumit dalam akuntansi. Sudah banyak program – progam aplikasi terapan yang muncul atau dibuat guna pencatatan akuntansi contohnya aplikasi MYOB.
Dengan adanya perkembangan teknologi dalam bidang pencatatan keuangan , banyak perusahaan – perusahaan besar yang mulai menerapkannya. Dibandingkan dengan proses akuntansi secara manual yang begitu rumit, kegiatan akuntansi dengan komputer jauh lebih sederhana dan mudah. Bentuk lembar – lembar kertas kerja sudah tersedia didalam komputer . Dengan proses akuntansi yang terkomputerisasi, maka kita dapat dengan mudah mengetahui hasil akhir dari suatu laporan keuangan disuatu periode. Selain itu, tingkat ketelitian dengan menggunakan penghitungan komputer lebih tinggi dibanding dengan manual. Pemakaian komputer menjamin data – data transaksi akuntansi yang banyak tersebut terutama di perusahaan – perusahaan besar tersusun secara akurat sesuai dengan tempatnya sehingga penghitungannya pun bisa tepat.
Maka dengan demikian , mahasiswa fakultas ekonomi perlu mendapatkan pengajaran tentang ilmu computer dan teknologi informasi untuk mengimbangi perkembangan – perkembangan teknologi yang begitu pesat. Agar pada saat memasuki dunia kerja tidak tertingggal dan mampu mengembangkan diri di dunia kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar